SELAMAT DATANG IKHWAN / AKHWAT PENGUNJUNG BLOG DAKWAH SALAFY. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT DAN ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA PERLUKAN

Selasa, 02 Agustus 2011

Taubat nasuha

Taubat

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله الذي أنزل السكينة في قلوب المؤمنين ليزدادوا إيمانا مع إيمانهم.

أشهد أن لا إله إلا الله و أشهد أن محمدا عبده ورسوله. اللهم صل و سلم على سيدنا محمد وعلى اله و أصحابه أجمعين. يا أيها الحاضرون اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا و أنتم مسلمون. فقد قال الله تعالى في كتاب الكريم:

ٌٌأعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. يا أيها الذين أمنو توبوا إلى الله توبة نصوحا. عسى ربكم أن يكفر عنكم سيئاتكم ويدخلكم جنة تجري من تحتها أنهر يوم لا يخزي الله النبي والذين أمنو معه, نورهم يسعى بين أيديهم بأيمانهم يقولون ربنا اتمم لنا نورنا واغفرلنا, إنك على كل شٍٍئ قدير (التحريم:8)

Kaum muslimin jama’ah jum’ah rahimakumullah

Bertakwalah kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya takwa, karena manusia makhluk yang lemah yang membutuhkan Allah dalam kehidupannya. Manusia juga tidak luput dari kesalahan dan dosa. Maka pada kesempatam kali ini khatib ingin membahasa tentang taubatan nasuha.

Taubat secar terminology berarti kembali dari sifat-sifat dari perbuatan yang tercela menuju sifat-sifat dan perbuatan yang terpuji. Adapun taubatan nasuha, adalah taubat yang dilakukan dmanusia dari suatu dosa kemudian dia tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa tersebut.

Kaum muslimin rahimakumullah!

Marilah kita merenung sejenak, berapa banyak dosa dan kesalahan yang kita lakukan kepada Allah SWT dan manusia, kesalahan dan dosa yang kita sengaja ataupun yang tidak kita sengaja, dosa besar ataupun dosa kecil. Nampaknya kesesatan, khurafat-khurafat, dekadensi moral, kezalimaman, praktek riba,perzinaan, penipuan, ghibah (menggunjing orang lain),adu domba, hasut, iri hati.dengki, kefasikan, perbuatan durjana, kedustaan dan khianat telah menyebar kemana-mana, dan mungkin dari perbuatan tersebut diatas ada yang bersemayam dihati kita ataupun kita pernah melakukannya, ketahuilah kaum muslimin bahwa hal-hal yang seperti ini akan menjauhkan diri kita kepada Allah. Semakin jauh kita dengan Allah, maka Allah akan lebih jauh dengan kita.

Oleh sebab itu, sudah merupakan kebutuhan kita untuk melakukan instrokpeksi secara serius, terutama ditengah-tengah kondisi zaman yang rusak seperti saat ini, tidak ada jalan untuk selamat bagi kita dari kejahatan dan kerusakan zaman ini kecuali khauf min Allah (takut kepada Allah) dan selalu merasa diawasi olehnya, maka setiap kita harus bertaubat secara sungguh-sungguh. Jika tidak, kita akan hidup dalam keadaan rusak dan hina. Allah SWT menyuruh kita untuk bertaubat kepadanya, sebagaimana dijelaskan dalam surat An-Nur ayat 31:

وتوبوا الى الله جميعا أيها المؤمنون لعلكم تفلحون (النور: 31)

“Dan bertaubatlah kalian semua pada Allah hai orang-orang beriman supaya kalian beruntung”

Kaum muslimin rahimakumullah!

Taubat sebenarnya merupakan penjagaan bagi seorang muslim agar tidak hanyut dalam kondisi rusak dan terhina. Taubat juga dapat diibaratkan seperti pembersih untuk menghilangkan penyakit-penyakit hati.

Allah memberitahukan bahwa bani Adam (manusia) itu berpotensi untuk berbuat dosa. Tetapi Allah tidak mencela mereka semua melainkan memuji mereka yang mau bertaubat. Dalam hal ini, Rasulullah saw bersabda:

كل بني أدم خطاء, و خير الخطائين التوابون.

“Setiap bani Adam itu pasti pernah berrbuat salah dan sebaik-baiknya orang yang berbuat salah adalah mereka yang mau bertaubat”

Hadits tersebut merupakan dalil yang jelas bahwa manusia itu banyak berbuat dosa, tetapi meskipun demikian sesungguhnya rahmat Allah itu sangat luas bagi manusia yang mau memperbanyak taubat. Oleh karena itu, Rasulullah saw bersabada:

حاسبوا أنفسكم قبل أن تحاسبوا وزنوها قبل أن توزن

“Hitung-hitunglah kesalahan dirimu sebelum kalian dihitung dan timbanglah kesalahanmu sebelum ditiimbang nanti di akhirat”

Kaum muslimin rahimakumullah!

Ciri-ciri taubat nasuha ada tiga;

1. Menyesal atas dosa yang dilakukan

2. Minta ampun kepada Allah

3. Tidak akan mengulang perbuatannya

Menyesal setelah melumuri diri kita dengan dosa dan kenistaan, adanya penyesalan setelah berbicara kotor, menyesal ketika mata melihat kemaksiatan, penyesalan ketika menyakiti hati orang lain. Karena orang yang tidak menyesal tidak termasuk taubat.

Apalagi bangga dengan dosa-dosa yang pernah dilakukan nya. Menunjukan dia belum bertaubat yang sesungguhnya.

Minta ampun kepada Allah biasa dilakukan dengan istigfar, Allah SWT menjelaskan dalam Al-Qur’an

وأن استغفروا ربكم ثم توبوا إليه

“Dan beristigfarlah (memohon ampunlah) kepada Tuhan kalian, kemudian bertaubatlah kalian kepadanya” (QS; Hud ayat 3)

Minta ampun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam. Inilah salah satu tanda orang yang sungguh-sungguh dalam taubatnya. Begitupu deraian air mata dan menggigilnya perasaan, merupakan ekspresi dari penyesalan yang dalam. Perlu kita ketahui bahwasanya Rasulullah saw meminta ampun kepada Allah lebih dari 70 kali dalam sehari

والله إني لاستغفر الله و اتوب اليه في اليوم أكثر من سبعين مرة

(رواه: البخاري وأحمد و ابن ماجه)

“Demi Allah sesungguhnya aku meminta ampun kepada Allah dan bertaubat kepadanya lebih dari tujuh puluh kali dalam sehari”

Gigih untuk tidak mengulangi kembali perbuatannya bukan sekedar tidak berbuat dosa bahkan untuk berpikir kearah sana sajapun tidak boleh.

Kaum Muslimin rahimakumullah!

Dengan bertaubat kita akan mendapatkan buah-buah taubat ataupun hasil dari taubat kita. Kita akan mendapatkan penghapusan dosa, memperbarui iman, mengganti keburukan dengan kebaikan mengalahkan musuh yang abadi yaitu syetan, mengalahkan bisikan nafsu yang menyuruh kepada keburukan dan kenistaan ketundukan hati kepada Allah, dan mendapatkan cintaNya. Dan kegembiraan Allah terhadap orang yang bertaubat.

Maka khatib mengajak kepada kaum muslimin sebelum nafas kita lepas dari tenggorokan, marilah kita introspeksi dan bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada Allah, Insya Allah, Allah akan menerima taubat kita dan mengampuni dosa-dosa kita.

إن الله يقبل توبة العبد ما لم يغرغر

Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba sebelum nafas di tenggorokan

بارك الله لي ولكم في القران العظيم و نفعني و إياكم بما فيه من الأيات وذكر الحكيم أقول قول هذا واستغفر الله العظيم لي ولكم و بجميع المسلمين و تقبل الله مني و منكم تلاوته ٌٌإنه هو الغفور الرحيم

Khutbah Kedua

الحمد لله كثيرا كما أمر, أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له و أشهد أن سيدنا و نبينا محمدا عبده ورسوله. اللهم صل وسلم و بارك على سيدنا محمد وعلى أله و أصحابه أجمعين أما بعد فيا عباد الله اتقوا الله ماستطعتم وسارعوا الي مغفره رب العالمين يا ايها الذين أمنو توبوا الى الله توبتا نصوحا. واعلموا ايها المؤمنون إن الله صلى على نبيه قديما و بدأ بنفسه تعليما وقال الله تعال إن الله و ملاْئكته يصلون على النبي يا ايها الذين أمنو صلوا عليه و سلموا تسليما. اللهم صل و سلم على سيدنا محمد وعلى اله و أصحابه أجمعين. اللهم اغفر للمسلمين و المسلمات والمؤمنين و المؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سمميع قريب مجيب الدعوات يا قاضي الحاجات. ربنا ظلمنا أنفسنا ظلومات كثيرة لا يغفر الذنوب إلا أنت فاغفرلنا مغفرة من عندك وارحمنا إنك أنت الغفور الرحيم. ربنا لا تأخذنا إن نسينا أو أخطأنا. ربنا ولا تحمل علينا اصرا كما حملته علي الّّذين من قبلنا ربنا ولا تحملنا ما لا طاقة لنا به واعف عنا واغفر لنا وارحمنا أنت مولانا فانصرنا على القوم الكافرين. اللهم اصلح لنا ديننا الذي هو عصمة امرنا و اصلح لنا دنيانا التي فيها معاشنا و اصلح لنا أخرتنا التي اليها معادنا واجعل الحياة زيادة لنا من كل خير واجعل الموت راحة لنا من كل شر. اللهم اعز الإسلام و المسلمين واهلك الكفرة و المبتدعة و المشركين أعدائك اعداء الدين اللهم شتت شملهم و مزق جمعهم و زلزل أقدامهم و الق في قلوبهم الرعب انك على كل شئ قدير. إن الله يأمركم بالعدل والاحسان و ايتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء و المنكر و البغي يعظكم لعلكم تذكرون فاذكروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمع يزدكم ولذكرالله أكبر. اقم الصلاة!!


0 komentar:

Posting Komentar

Semoga kita bisa saling menasehati dalam kebaikan dan saling mengingatkan. Tawashou Bosshobri wa tawashou bil Haq